R-Kadallikiurs Blog....

Mudah - mudahan bermanfaat.....sory masih newbi

Selasa, 04 Mei 2010

MENINGKATKAN TRAFFIC PENGUNJUNG DAN BISNIS E-COMMERCE DENGAN POTENSI CMS

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah dimanfaatkan untuk kepentingan di segala sektor, tak terkecuali di sektor perdagangan. Salah satu sektor tersebut adalah Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Pemanfaatan teknologi tersebut, dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada. Teknologi yang bisa dipakai adalah aplikasi e-commerce (electronic commerce) yang telah berkembang sejak diawali dengan EDI (Electronic Data Interchange). Dalam Artikel ini diuraikan mengenai sektor Usaha Kecil dan Menengah, korelasi penggunaan teknologi e-commerce dengan masalah UKM, proses penerapan e-commerce dalam UKM, keamanan dalam penggunaan teknologi, tujuan akhir penggunaan teknologi e-commerce. Teknologi e-commerce digunakan karena pembangunan sebuah aplikasi ini relative tidak sulit karena disediakan juga CMS (content management system) atau membangun sendiri aplikasi sesuai dengan keinginan dan tetap menerapkan standard konsep sebuah e-commerce serta sebagai gambaran kecil penerapan sebuah teknologi informasi.

Isi Sistem Manajemen, atau CMS, adalah suatu alat yang strategis yang memungkinkan organisasi untuk bersaing atau membawa bisnisnya secara online. CMS menghasilkan suatu penghematan dan menyediakan cara yang ekonomis dan aman untuk memberikan isi dan ide untuk isi dengan cara mebgurangi biaya untuk membuat dan mengkontribusi isi, sekaligus memastikan akurasi isi dengan dengan persetujuan dan proses arus kerja.

Dengan berbagai kemampuan multi bahasa, CMS juga merupakan suatu alat komunikasi yang efektif. CMS juga mengurangi biaya pemeliharaan sites sekaligus memastikan penggunaan dan merk dagang perusahaan.

Jika anda ingin membuka sebuah toko online, mungkin anda bisa memanfaatkan berbagai softaware e-commerce open-source yang populer berikut ini. Dari berbagai pilihan, anda bisa coba dan manfaatkan yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.

Berikut daftarnya :

1. Magento (gratis)

Dengan lebih dari 30.000 toko yang telah menggunakan Magento dan telah melakukan transaksi hingga 25 juta dollar, ini merupakan platform e-commerce yang paling cepat perkembangannya. Dibangun dengan konsep open source, Para pengguna terkemuka Magento diataranya Samsung, Nespresso dan The North Face.

Magento hadir dengan 2 pilihan : Enterprise Edition dan Community Edition. Enterprise Edition memiliki paket yang sangat lengkap dan canggih dalam meningkatkan penjualan, termasuk didalamnya store credit, gift cards (virtual dan fisik), member only sales, clubs, multi-store (retail & wholesale) dan dukungan penuh waktu. Community Edition, gratis didownload, umumnya dimanfaatkan oleh para web developer yang sudah ahli dan paket ini tidak didukung support, garansi dan kompensasi.

2. osCommerce (gratis)

Dengan toko online siap pakai ini, sudah cukup untuk memulai usaha online anda, anda dapat mengatur dan menjalankan toko online dengan cepat dan mudah serta hemat biaya. Apabila anda ingin tampil beda diantara 228.700 toko serupa lainnya, anda perlu memilih diatara 5.800 add-on yang tersedia, beberapa diantaranya harus bayar.

osCommerce merupakan software yang sangat bagus jika dilihat dari platformnya yang gratis dan open-source. Tetapi untuk memodifikasi toko anda cukup rumit dan perlu keahlian di bidang web.

3. Zen Cart (gratis)

Gratis dan mudah, Zen Cart sudah memiliki kapabilitas sangat lengkap. Selain fitur standar yang anda butuhkan. Zen Cart menawarkan Newsletter Manager, kupon diskon, kuantiti diskon, gift certificate dan kemampuan untuk memilik card mana yang anda terima. Terdapat sangat banyak kontibutor pada software ini dengan rata-rata berasal dari osCommerce. Namun untuk tampilan admin kurang tertata rapi.

4. X-cart($115)

X-cart adalah shopping cart komersial dengan kode open-source, umumnya para penggunanya adalah perusahaan yang telah cukup stabil. Pengguna X-Cart mendapatkan support profesional sesuai dengan budget yang mereka keluarkan untuk membeli software ini.

X-Cart cepat, lulus W3C dan search engine friendly. Menggunakan tipe Smarty template system, sehingga programmer dengan mudah memodifikasi tampilannya. Di sisi lain, meskipun murah, anda mungkin tetap perlu menambahkan add-on yang bervariasi harganya mulai dari $35 hingga $109. Technical Support juga tidak gratis.

5. CubeCart(gratis)

CubeCart 3, standard edition dapat digunakan secara gratis. Berisi lengkap dengan 3 template, customer order history, unlimited products, categories dan images, multi-currency, dan pencarian produk. CuberCart 4, seharga lebih dari $100, memiliki keunggulan dengan adanya SEO, skin selector untuk pengunjung, courier tracking URL, superior product search dan kemampuan untuk menambah dan meng-edit order form dari administrator.

Kedua versi ini dapat diintegrasikan dengan web apa saja, dan cocok untuk yang sudah memiliki produk online atau mempersiapkan membuka sebuah toko. Apabila anda tidak memiliki pengetahuan tentang PHP dan MySQL, mungkin akan jadi tantangan tersendiri dalam men-setup CubeCart.

6. VirtueMart (gratis)

VirtueMart tidak dapat berdiri sendiri, ini adalah ecommerce didesain untuk berjalan di Joomla! CMS (content management system). Untuk sebuah shopping cart, VirtueMart memiliki pakte yang komplit dan memiliki tampilan desain yang bagus. Untuk para pembelanja dapat register menjadi member, mengisi alamat dan melihat order history dengan mudah.

VirtueMart mendukung multi bahasa dan kurs serta anda dapat menambahkan produk dan produk kategori tanpa batas. Produk anda dapat dicari, di-rate oleh user. Selain kebaikan tadi, terdapat juga beberapa kelemahan diantaranya forum yang kurang terstruktur dan beberapa kode yang tampaknya tidak rapi.

7. Ubercart (gratis)

Sama seperti VirtueMart, Ubercart juga harus terintegrasi dengan sebuah CMS, dalam hal ini adalah Drupal. Selain kegunaan menjual produk barang, Ubercart memiliki spesialisasi menjual produk bentuk file/digital product, event registration, website dengan hak akses member tertentu dan event ticket.

Terdapat banyak module dan themes yang tersedia bagi anda untuk dikustomisasi. Selain itu juga terdapat berbagai macam jenis pembayaran. Apabila anda merupakan pecinta Drupal, maka Ubercart adalah pilihan terbaik bagi anda, tetapi apabila anda tidak mengerti tentang Drupal, penggunaan software ini akan cukup membingungkan di awal.

8. PrestaShop (gratis)

Sekitar 25.000 toko online telah berterima kasih kepada PrestaShop, yang diluncurkan pada Agustus 2007. Software ini menggunakan Smarty template engine, dikombinasikan dengan Ajax di back-end nya. PrestaShop menawarkan diataranya "free shipping", product image zoom, package tracking, PDF customer invoice dan cross-selling.

Hal yang terbaik dari PresaShop adalah, fiturnya yang sangat atraktif. User dapat menciptakan sebuah toko online yang indah dan menawan. Selain itu Prestashop memiliki komunitas dan online support yang sangat aktif. Tetapi kelemahan utamanya adalah lambat: back-end sangat lambat untuk dikelola dan dimaintain.

9. Opencart(gratis)

OpenCart merupakan shopping cart yang mudah digunakan dan kini semakin populer, karena kemudahan dalam penggunaan, ramah terhadap mesin pencari dan secara tampilan sangat baik. Anda dapat membuka sebuah toko online menggunakan software gratis dan memiliki fitur yang lengkap.

10. Spree (gratis)

Spree, adalah toko online berbasis Ruby on Rails, yang semakin berkembang dengan meningkat dengan peran development team yang profesional. Terdapat cukup banyak extension yang ditawarkan untuk dapat digunakan sesuai kebutuhan anda.

Menggunakan Spree, anda dapat mengatur shipping, tax, discount, coupon sesuai kebutuhan konsumen anda, selain itu fitur yang menawan adalah single page checkout. Juga ramah terhadap mesin pencari dan integrasi dengan Google Analytics. Ideal untuk perusahaan kecil dan menengah, tetapi bukan pilihan terbaik untuk website yang memiliki traffic harian yang tinggi.

11. WordPress e-commerce (gratis)

Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa WordPress dapat digunakan sebagai toko online karena memiliki plugin untuk itu. WordPress e-Commerce Plugin sejauh ini merupakan plugin paling populer, yang telah didownlod lebih dari setengah juta kali.

Memiliki fitur untuk e-commerce yang anda perlukan, anda juga dapat mengkustomisasi toko online dengan brand image. Integrasi dengan PayPal dan Google Checkout, yang mana hampir semua customer sudah cukup mengenalnya. Kelemahannya adalah kurangnya fungsi-fungsi seperti yang dimiliki e-commerce lain.

12. OXID eshop (gratis)

Seperti Magento dan CubeCart, terdapat lebih dari satu tipe dari OXID eShop. Enterprise Edition dan Professional Edition (versi berbayar), tetapi komunitas forum open source Community Edition dapat anda manfaatkan secara gratis.

Community Edition tidak memiliki support (selain dari komunitas forum) atau garansi, tetapi memiliki fitur yang sama persi dengan Professional Edition. Memiliki integrasi CMS, Powerful SEO, kode yang rapi dan instalasi yang mudah bagi para web developer.

13. Digistore (gratis)

Digistore berbasis osCommerce, jadi akan dengan segera dikenali oleh siapa saja yang pernah menggunakan platform osCommerce. Berbentuk full CMS, sangat cepat dan mudah diinstal dan dapat dioperasikan oleh orang tanpa perngetahuan pemrogramman. Terdapat sejumlah template grasi, tetapi apabila ada versi berbayar untuk template dengan desain yang lebih bagus, atau anda juga dapat memiliki secara personal dengan sedikit biaya tambahan. Anda dapat mengatur dan mengubah warna, lebar website, layout dan template dari admin area dan menjalankan berbagai advertising untuk mempromosikan produk anda.

Selain CMS open source yang mengkhususkan dirinya sebagai ecommerce, CMS lain berbentuk Portal yang populer seperti Wordpress, Drupal, maupun Joomla pun memiliki komponen yang bisa ditambahkan sebagai ecommerce.

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah dimanfaatkan untuk kepentingan di segala sektor, tak terkecuali di sektor perdagangan. Salah satu sektor tersebut adalah Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Pemanfaatan teknologi tersebut, dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada. Teknologi yang bisa dipakai adalah aplikasi e-commerce (electronic commerce) yang telah berkembang sejak diawali dengan EDI (Electronic Data Interchange). Dalam Artikel ini diuraikan mengenai sektor Usaha Kecil dan Menengah, korelasi penggunaan teknologi e-commerce dengan masalah UKM, proses penerapan e-commerce dalam UKM, keamanan dalam penggunaan teknologi, tujuan akhir penggunaan teknologi e-commerce. Teknologi e-commerce digunakan karena pembangunan sebuah aplikasi ini relative tidak sulit karena disediakan juga CMS (content management system) atau membangun sendiri aplikasi sesuai dengan keinginan dan tetap menerapkan standard konsep sebuah e-commerce serta sebagai gambaran kecil penerapan sebuah teknologi informasi.

Saat ini dengan semakin banyaknya pengguna blog, semakin sulit untuk mencari teknik marketing yang efektif, kita semua tahu bahwa memiliki sebuah blog adalah suatu kebutuhan mutlak dalam meningkatkan traffic pengunjung, sehingga saat ini sebagian besar pekerja IT dan pebisnis internet melakukan blogging. Ini meninggalkan dilema, Bagaimana memastikan blog anda akan lebih baik daripada mereka?

Anda boleh mencoba beberapa langkah mudah berikut ini untuk meningkatkan traffic sebuah blog.

1. Memiliki RSS Feed

RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. Sekitar 2000, penggunaan RSS meluas di berbagai penerbitan berita, termasuk Reuters, CNN, dan BBC. RSS digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.


Sebuah program komputer yang dikenal sebagai pembaca umpan (feed reader) bertindak sebagai pengumpul. Program ini mengecek situs yang menyediakan RSS dan menampilkan berbagai artikel baru yang ditemukan. Tenggang waktu dan siklus pengumpulan RSS biasanya dapat diatur oleh penggunanya. Program pengumpul dapat berupa program komputer atau sebuah layanan web yang tersedia online.

Program pengumpul RSS di komputer biasanya berupa aplikasi (software) sendiri yang harus dipasang di komputer sebelum dapat digunakan. Program ini tersedia untuk berbagai jenis sistem operasi dengan harga bervariasi. Ada juga program pengumpul RSS yang gratis

Program pengumpul di web tidak memerlukan pemasangan dan pengaturan, kita dapat melihat dan mengecek RSS kita di mana saja, asal ada browser dan koneksi internet. Beberapa layanan pengumpul RSS juga menyediakan penggabungan dan juga pencarian.

Sebuah web yang menyediakan umpan RSS biasanya ada link dengan sebuah tombol bertuliskan XML (XML iconic button) atau RSS (RSS iconic button). Namun disarankan menggunakan RSS daripada XML agar tidak membuat kerancuan (sebab setiap RSS adalah XML, tapi tidak tiap XML itu RSS).

Seperti ditulis di atas, ada beberapa versi RSS, dan bahkan ada kelompok membuat format baru Atom yang juga telah diadopsi oleh banyak situs. Tapi pemakai RSS tidak perlu bingung, para pembuat program pengumpul sindikasi biasanya bisa mengenali kedua format tersebut, bahkan masih menyediakan pembaca untuk format yang lama.

Cara sederhana untuk memastikan bahwa anda memiliki grup dari orang-orang yang membaca blog anda secara rutin adalah dengan menawarkan fitur subscribe pada RSS Feed web anda. Jumlah pelanggan/subscriber RSS anda dapat menggambarkan seberapa sukses blog anda, meskipun ini ini bukan verifikasi yang komprehensif, tetapi ini bisa jadi sebuah indikasi yang baik.

Terdapat beberapa website yang menyediakan layanan untuk membuat RSS Feed dapat dilacak. Feedburner adalah salah satunya. Apapun layanan yang anda pilih, ini akan membantu dalam melayani pembaca website anda dan meningkatkan pemasaran dari layanan atau produk anda.

2. Menciptakan mailing list

Pengertian mailing list Juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.

Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).

Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator.

$Mengikuti gagasan dalam merawat dan meningkatkan pembaca website anda dengan membuat sebuah mailing list. Pembaca blog dapat berlangganan, tetapi biasanya mereka akan memperoleh insentif atau bonus apabila berlangganan. Terdapat berbagai macam metode untuk mengajak orang untuk sign-up/register. Bonus dapat berupa e-book gratis atau menciptakan diskon dari layanan anda atau e-book Premium.

Sebaiknya mengirimkan mailing list secara dwi mingguan, karena apabila anda terlalu sering mengirimkan email, maka banyak yang merasa terganggu dengan email anda, bahkan seminggu sekali sudah terlalu banyak untuk beberapa orang, tetapi apabila itu suatu keharusan, anda dapat mencobanya.

3. Link website anda pada blog anda.

Dan sebaliknya juga baik. Ide dibalik bloggin adalah memasarkan layanan mereka. Anda dapat memasang link blog anda pada website, tetapi kadang banyak freelancer tidak memasang link website pada blog mereka.

Sebelum membeli sebuah produk atau layanan biasanya seseorang akan kuatir apakah freelancer cukup layak, jadi mereka dapat melihat blog anda dan membaca artike yang anda buat, dapat membuat mereka lebih nyaman dalam menggunakan jasa anda atau membeli produk anda.

4. Tulisan dari tamu

Cari seorang yang ahli di bidang anda untuk menulis bagi anda. Biasanya nama mereka akan membantu memberikan traffic dan orang akan tertarik untuk membaca apa yang dia tulis. Apabila penulis sibuk, anda bisa mencoba mewawancarai dan mempublikasikan hasil wawancara pada blog anda. Ini merupakan cara yang baik, tetapi usahakan mendapat link dari mereka.

5. Komentar

Mereview sebuah produk atau layanan dengan imbalan sebuah link pada website anda. Banyak perusahaan membayar hal ini, anda dapat melakukan negosiasi dengan mereka.

6. Social Media

Pengertian social media Berdasarkan Wikipedia, Social Media adalah information content created by people using highly accessible and scalable publishing technologies. Saya sendiri memahami social media sebagai realisasi dari konsep web 2.0: Media yang kontennya diciptakan oleh masyarakat umum/user dengan dukungan teknologi (website, atau web application) yang menganut oknsep web 2.0. Bentuk fisik dari social media: blog, microblog, social networking site, photo sharing, video sharing, dll.

Jadi, what makes a social media, social media adalah aspek kontennya yang diciptakan oleh masyarakat umum (sosial): sebuah penggabungan sosiologi dengan fasilitas teknologi. Merubah hubungan komunikasi one-to-many (dari media yang dimilki para pemodal saja) ke many-to-many (dari masyarakat untuk masyarakat).

Sedangkan Social Media Marketing adalah salah satu bentuk marketing dengan menggunakan konsep Social Media. Memasarkan (marketing) sesuatu (product, brand, issue, etc) menggunakan tools-tools social media dengan memanfaatkan ‘masyarakat yang turut berpartisipasi di social media’ dalam campaignya.

Poin-poin menggunakan social media untuk tujuan marketing dibahas dengan apik di NavinoT pada tulisannya Social Media Marketing: Fish Where The Fish Are :

  1. Mencari Customer
  2. Menyebarkan awareness di social media dengan konsep “give and receive”
  3. Menjadi atau mempengaruhi para pengaruh (influecer) atau ’seleb’ di social media yang memiliki banyak follower agar awareness yang kita tebarkan ikut terangkat
  4. Menunjukan awareness dari sudut pandang lain
  5. Melakukannya dengan kontinyu
  6. Mengukur campaign anda disana

Aplikasi paling lumrah dari social media marketing adalah corporate blog. Jadi menggunakan blog sebagai media public relation untuk memberitahukan kepada crowd hal-hal yang perlu mereka ketahui. Dan ciri khas blog sebagai conversation -jika digunakan secara effektif- akan memicu feedback dari customer yang mana merupakan informasi yang berharga bagi perusahaan.

Contoh lain dari aplikasi social media marketing adalah penggunaan Twitter: Twitter yang arus pertukaran informasi dan respons sangat cepat dan efisien -dengan dukungan pengguna fanatiknya- sudah menjadikannya salah satu tools social media terefisien. Mulai dari Anthony Robbins hingga CNN menggunakan twitter untuk keep in touch dan menyebarkan awareness dengan para “customer”nya.

Salah satu contoh terkeren dari social media marketing adalah website ideastorm-nya DELL Computer: Di ideastorm, customer Dell berkumpul dan menyampaikan uneg-uneg mereka dan harapan akan produk baru DELL di masa depan. Salah satu keputusan yang diambil berdasarkan masukan customer di ideastorm adalah di bundle-nya Distro Linux di beberapa varian produk DELL yang -kalau kata Pak Nukman Lutfie- mencederai kerjasama jangka panjang DELL dengan Microsoft. Dalam perkembangannya, bahkan Ideastorm dapat menjaring 11 ribu gagasan dari customer dan 85 ribu komentar dari pelanggan yang saling berkomunikasi tentang produk-produk DELL.

Saat anda menulias sebuah blog, publikasikan juga artikel tersebut pada social media website seperti Facebook, Twitter, StumbleUpon, dan lainnya. Coba untuk mendapatkan respon dari langkah ini, jadi setiap kali anda men-tweet atau mengupdate Facebook status, usahakan mendapat respon dari orang-orang untuk membaca artikel anda.

7. SEO

Pengertian seo Ada beberapa pemahaman tentang definisi SEO tapi dari sekian banyak itu intinya tetap sama saja SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah metode / cara agar Search Engine selalu mengindex website kita diinternet agar setiap proses pencarian dengan keyword melalui search engine dapat ditampilkan pada halaman utama. Bahkan ada yang menyatakan bahwa SEO adalah proses yang sangat khusus dalam membangun sebuah website yang berhasil alasannya karena sebuah website komersial tidak dikatakan berhasil jika tidak dapat ditemukan dalam Search Engine Utama ini adalah tugas dan tantangan webmaster untuk mengoptimalkan sebuah website dengan cara memperbaiki struktur tag-tag HTML tertentu pada halaman web.

Sebuah alasan yang sangat masuk akal karena bagaimana mungkin mendatangkan pengunjung, meningkatkan traffic dan mendapatkan Page Ranking pada Website Jika halaman-halaman kita tidak dapat ditemukan dalam mesin pencari utama seperti Google, Yahoo, MSN Live Search dll.

Pada kenyataannya bahwa hampir 90 % pengunjung-pengunjung baru menemukan sebuah website dari hasil Search Engine dan Search Directory dengan keyword tertentu, nah disinilah menariknya belajar seo karena mereka datang dengan keyword atau key phrase tertentu sehingga dapat menemukan situs yang relevan dengan kata kunci yang diketikkan.

Sebagai seorang internet marketer pemahaman tentang SEO merupakan salah satu skilll yang dibutuhkan dalam memasarkan produk / jasa. Karena kebanyakan pengunjung dalam mencari info selalu menggunakan search engine dengan memanfaatkan kata kunci dengan harapan mendapatkan info yang relevan. Jadi untuk promosi website, SEO adalah cara yang efektif untuk meningkatkan Traffic. yang nantinya akan memberikan banyak pengunjung dan dengan semakin banyaknya pengunjung maka diharapkan akan banyak penjualan yang terjadi melalui rekomendasi web kita.

Dari definisi SEO diatas maka dapat diketahui apa fungsi & tujuannya :

  • Menaikkan page ranking sebuah website agar selalu terindex pada search engine sehingga dapat ditampilkan dihalaman utama
  • Mendatangkan trafik / pengunjung ke website melalui Search Engine
  • Membantu meningkatkan pencapaian target penjualan melalui Rekomendasi web
  • Meminimalkan biaya pemasaran online

Algoritma dan mekanisme suatu search engine tidak bisa diprediksi dengan benar. Banyak faktor dan syarat yang tidak bisa kita ketahui, sehingga SEO selalu menjadi Misteri yang sangat menarik untuk dipelajari. Namun ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan supaya bisa menjadi peringkat yang lebih baik di search engine:

  • Nama domain yang bagus
  • Hosting yang stabil dan uptime > 99%
  • Keyword Sugestion
  • Build Link

Saat menulis sebuah artikel, jangan hanya menjejalkan artikel teks dan keyword untuk mengejar target hanya untuk mesin pencari. Ini akan merusak artikel anda dan artikel menjadi tidak berguna dan dianggap omong kosong. Cara yang tepat adalah menulis artikel dengan topik yang relevan, dalam menulis suatu topik yang menarik anda akan dapat feedback positif dari mesin pencari serta tidak mengorbankan yang utama yaitu pembaca anda.

8. Mendapatkan Feedback

Mekanisme pengendalian (control mechanism) diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback), yang mencuplik keluaran. Umpan balik ini digunakan untuk mengendalikan baik masukan maupun proses. Tujuannya adalah untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan.

Meskipun blog dibuat seharunya adil terhadap semua pembaca dan kita jangan mengekspresikan opini pribadi, tetapi pendapat yang berlawanan kadang juga membantu.

Menciptakan kanal dialog pada website anda akan mendapat respon dari orang-orang untuk mengekspresikan pendapat mereka secara sehat.

Akhirnya, hal yang terpenting dalam meningkatkan traffic pada blog anda adalah dedikasi padanya. Tulisan yang rutin akan menghasilkan dampak yang bagus pada kualitas blog anda di mesin pencari dan tentunya direct traffic. Jangan terburu-buru dan mengharapkan traffic tinggi dalam bulan-bulan awal, pertumbuhan secara perlahan dan terus menerus maka lama kelamaan akan menghasilkan keuntungan.

Ada beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam membangun bisnis E-Commerce diantaranya adalah :

1. Terlalu Fokus Hanya pada Apa yang Anda Suka

Ya, ini adalah fakta pertama. Mari kita bahas dalam sebuah kasus. Anggaplah Anda datang dari latar belakang pendidikan computer. Anda senang untuk membuat program, menuliskan kode-kode tersebut dengan baik menggunakan teknologi terakhir atau cara paling cerdas. Namun, Anda hanya melihat dan memikirkannya dari segi teknikal. Secara terus menerus Anda bertanya kepada diri sendiri bagaimana untuk membuat program tersebut menjadi lebih (baca: terlalu) sempurn, tanpa melihat dari segi bisnis.

Apa yang akan Anda lakukan jika seorang calon klien bertanya pada Anda untuk membuat sebuah web e-commerce ? Tentu saja dia akan membayar Anda sesuai dengan harga yang Anda tawarkan. Klien tersebut hanyalah orang biasa yang kurang mengerti penerapan teknologi dalam bisnis. Tindakan mana yang akan Anda pilih berikut ini?

Pilihan 1: Anda mulai merancangnya dari nol dengan fitur yang lengkap yang seharusnya dimiliki oleh e-commerce ideal , atau

Pilihan 2: Memutuskan untuk menemukan dan menggunakan CMS (Content Management System) atau framework tertentu dan hanya menyediakan fitur apa saja yang paling signifikan diperlukan oleh klien Anda, namun mudah digunakan untuk orang awam?

Sebagian besar orang teknikal yang saya temui lebih memilih pilihan 1. Mereka ingin memberikan yang terbaik untuk klien mereka, dan memang semakin canggih web tersebut maka akan semakin tinggi pula harga yang dapat Anda jual ke klien Anda. Mari kita tinjau konsekuensi apa saja untuk setiap pilihan di atas:

Pilihan 1: Pilihan ini akan berakibat pada waktu pengembangan produk Anda (web). Anda mungkin akan membutuhkan lebih banyak waktu daripada pilihan 2. Asumsikan bahwa Anda membutuhkan waktu selama 6 bulan. Ingat, kompetisi bisnis mungkin saja tidak dapat menunggu Anda selama 6 bulan, sebelum pesaing akan mendahulu bisnis klien Anda.

Selain itu, jika Anda hanya terkonsentrasi dengan program itu sendiri, hal tersebut akan berdampak juga terhadap desain Anda. Seringkali, para pengembang web membuat sebuah web tanpa memperdulikan desain. Mereka dapat membuat fitur yg kompleks, namun kurang bersahabat dengan pengguna. Mereka membuatnya lengkap namun pengguna hanya akan menggunakan beberapa fitur dari sekian banyak fitur yang tersedia. Bukankah itu akan menjadi sia-sia, kan?

Pilihan 2: Anda menemukan CMS yang cocok untuk kebutuhan bisnis klien Anda, kemudian menyesuaikannya. Buatlah itu menjadi sederhana. Bukan mustahil Anda dapat menyelesaikannya dengan baik sebelum 1 bulan , dan fiturnya bersahabat dengan pengguna Anda.

TIPS : Dalam banyak kasus, klien tidak hanya akan membayar kemampuan teknikal Anda. Mereka ingin sesuatu yang lebih berguna untuk membantu meningkatkan bisnis mereka. Bagaimana Anda meyakinkan mereka jika produk Anda kurang bersahabat dengan pengguna dan membutuhkan waktu lama untuk mengembangkannya?

Jadi, sisihkanlah waktu Anda untuk belajar pengetahuan lainnya, seperti, branding, marketing, dll ketika Anda ingin keahlian Anda menjadi bisnis Anda.

2. Berpikir Terlalu Besar dan Rumit

Idealnya sebuah bisnis yang baik harus mempunyai sebuah kantor, media promosi, dan pekerja. Ketiga hal tersebut akan menghabiskan lebih dari setengah anggaran Anda. Bagaimana jika Anda tidak mempunyai modal banyak? Atau ingin memulai bisnis dengan anggaran kecil ?

Tentang gedung/tempat? Hilangkan hal tersebut dari rencana Anda. Pada awalnya, Anda tidak perlu untuk menyediakan hal ini. Percaya saya. Sebuah gedung/tempat yang khusus untuk bisnis Anda akan menjadi salah satu pusat pengeluaran terbesar Anda.

Apa solusinya? Mudah! Lakukanlah dengan cara online!

Mungkin Anda heran, “Yakin melakukannya seperti itu?”. Jawaban saya adalah YA! Gunakan rumah Anda sebagai kantor pertama Anda atau carilah tempat gratis yang dapat Anda gunakan untuk alamat bisnis Anda. Jangan pernah mengalokasikan dana untuk menyewa sebuah kantor selama Anda bisa.

Bagaimana dengan pekerja dan media promosi?

Kuncinya di sini adalah: Temukan rekan tim yang cocok dengan Anda. Dengan rekan yang tepat, Anda dapat berbagi banyak hal, contohnya mengumpulkan modal, permasalahan manajemen, promosi, dan bahkan pekerja.

Mari kita diskusikan tentang bagaimana menemukan rekan Anda di bawah ini.

Banyak dari kita yang ingin mempunyai orang yang terbaik untuk bergabung dalam tim. Jangan bermimpi terlalu tinggi. Mungkin Anda dapat menemukan seseorang yang sesuai dengan kriteria Anda. Seringkali seseorang yang berkemampuan tinggi mengharapkan sesuatu yang terlalu tinggi, dan mereka tidak cukup sabar untuk memulai dari nol. Tanpa bermaksud apapun, namun hal tersebut adalah nyata. Cobalah untuk melihat sekeliling Anda. Jelajah relasi Anda. Kenapa? Karena teman Anda pun dapat menjadi partner Anda. Lihatlah potensi di dalam diri mereka. Lebih baik mempunyai seseorang yang potensial namun Anda mengenalnya dan dapat mempercayainya, daripada mempunyai seseorang yang berpengalaman namun Anda tidak mengenalnya dengan baik.

Berikut ini adalah saran saya untuk membantu Anda mempunyai tim yang tepat:
1. Kenali diri Anda dengan baik. Temukan kelemahan Anda dan tutupilah dengan kekuatan dari rekan Anda.
2. Harus ada seseorang yang mampu untuk melihat secara gambaran besar, dan juga seseorang yang memperhatikan hal-hal rinci. Seseorang yang berani untuk mengambil resiko tinggi, namun Anda juga membutuhkan seseorang yang selalu memperhitungkan semua kemungkinan yang dapat terjadi juga. Seseorang yang dapat membuat sebuah rencana atau menghadapi pelanggan, dan memikirkan bagaimana untuk memberi sebuah nilai tambah untuk pelanggan Anda.

Intinya:
Perencanaan/mimpi yang bagus tanpa sebuah tindakan nyata tidak akan
Ø pernah terwujud.
Tindakan nyata tanpa perencanaan yang bagus akan menjadi sia-sia
Ø

3. Anda beserta rekan Anda harus mengetahui bagaimana cara mengelola uang.
4. Anda dan rekan Anda harus dapat tetap tertawa sekalipun dalam keadaan yang tidak tentu. Dapatkah Anda membayangkan bagaimana jika semua anggota tim menjadi sangat serius ketika berada dalam keadaan di bawah tekanan? Tanpa Anda sadari, Anda akan mengunci kreatifitas Anda.
5. Semua Anggota tim Anda harus menyukai untuk selalu belajar hal-hal baru, bertanggungjawab terhadap apa yang mereka katakana, dan mempunyai komitmen untuk bertumbuh bersama sebagai sebuah tim

3. Menargetkan Pelanggan yang Terlalu di luar Jangkauan

Tidak salah bila Anda menargetkan pelanggan sebanyak mungkin. Namun tetap ingat untuk tetap berada di dalam jangkauan Anda. Artinya ? Buatlah bisnis Anda tumbuh perlahan dari sasaran terdekat yang paling mungkin Anda jangkau. Lihat produk Anda, temukan nilai tambah dari produk Anda. Perhatikan jarak antara Anda dan pelanggan yang ditargetkan, sehingga Anda dapat melayani dengan baik. Jangan membuatkan terlalu di luar jangkauan Anda. Kenapa? Hal tersebut akan berdampak pada reputasi Anda. Jangkan menjangkau apa yang belum mampu Anda jangkau. Di samping itu, hal tersebut akan membantu Anda untuk membuat anggaran promosi Anda menjadi lebih efisien. Jika Anda dapat meraih pelanggan dari relasi dan melakukan promosi dari mulut ke mulut, kenapa tidak ?

4. Meletakkan ‘Telur’ Anda Dalam Satu Keranjang

Mungkin hal tersebut adalah pepatah tua. Tapi hal tersebut seringkali dilakukan oleh orang. Ketika Anda memutuskan bidang bisnis Anda, jangan menutup mata terhadap peluang lainnya. Cobalah untuk selalu menemukan peluang baru yang mungkin dapat Anda jalankan juga. Intinya adalah Anda harus siap untuk membuat sebuah alternative lain ketika ‘keranjang’ (bidang bisnis utama) Anda rusak atau terhambat.

5. Terlalu Rakus

Mengambil banyak kesempatan adalah hal bagus. Namun jangan terlalu serakah. Jika Anda yakin bahwa Anda dan tim tidak dapat menanganinya, jangan pernah memberikan janji berlebihan kepada orang lain. Jika dibutuhkan, Anda dapat bertanya pada orang lain yang Anda kenali bahwa mereka mampu untuk membantu Anda melakukan proyek tersebut. Ingatlah selalu untuk berlaku jujur pada rekan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar